Lokasi Pulau Tidung Dimana?

Informasi lokasi Pulau Tidung dapat kita lihat di peta Kepulauan Seribu. Menurut peta Pulau Seribu tersebut Pulau Tidung masuk dalam wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Jadi bagi yang belum tahu, Pulau Tidung itu ternyata masih wilayah Ibu Kota Jakarta. Lokasi tepatnya di perairan teluk Jakarta. Jaraknya sekitar 32 mil ke arah barat laut.

Berdasarkan peta Kepulauan Seribu lokasi pulau tidung berdekatan dengan Pulau Payung, Pulau Air, Pulau Kotok, Pulau Tikus dan Pulau Karang Beras. Pulau Terdekat adalah Pulau Payung yang hanya 30 menit ditempuh dengan kapal tradisional. Para wisatawan juga sering dibawa keliling Payung ketika snorkeling.

Jarak Tempuh Lokasi Pulau Tidung

peta lokasi pulau tidung kepulauan seribuUntuk mencapai Lokasi Pulau Tidung dibutuhkan waktu 2.5 hinga 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke dengan kapal feri tradisional. Bisa juga ditempuh menggunakan kapal speedboat dari Marina Ancol dalam waktu 1 jam saja. Akses ke sana bisa juga dari Pelabuhan Rawa Saban, Paku Haji, Tangerang memakan waktu 2 jam dengan kapal feri tradisional. Tersedia juga kapal milik Dinas Perhubungan DKI dari pelabuhan KaliAdem Muara Angke. Kapal kerapu milik Dinas Perhubungan ini dapat menjangkau Pulau Tidung hanya dalam waktu 1.5 sampai 2 Jam perjalanan. Semua pemberangkatan kapal ke pulau tidung adalah pagi sekitar jam 07.00 – 08.00. Jadi Anda yang hendap pergi ke Pulau Tidung harus sudah tiba di pelabuhan tujuan lebih awal paling tidak 1 jam dari jadwal keberangkatan kapal.

Bagi Anda yang belum pernah bepergian ke Pulau Tidung kami sarankan untuk menggunakan jasa travel yang sudah berpengalaman. Dengan menggunakan jasa travel Anda akan dibimbing hingga tempat tujuan. Segala keperluan dan akomodasi selama di Tidung juga sudah disediakan sehingga acara liburan menjadi lebih terkoordinir dengan baik. Lain halnya jika Anda datang sendiri tapi tidak mengetahui seluk beluk di kepulauan seribu kemungkinan rencana liburan malah bisa jadi berantakan. Hal ini sering dialami pengunjung yang datang pada saat musim liburan atau hari libur panjang. Banyak mereka yang tidak kebagian penginapan setelah sampai di pulau. Momen seperti libur tahun baru dan libur lebaran adalah saat puncak kunjungan di Pulau Tidung.

Mufid Travel

AuthorMufid Travel

Admin on www.mufidtravel.com Follow me on Twitter and G+